kalimantan utara


Kalimantan Utara 

North Kalimantan in Indonesia



Sejarah
Terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara yang disingkat menjadi Kaltara, melalui proses panjang yang diwacanakan sejak tahun 2000. Provinsi Kaltara secara resmi terbentuk sejak ditandatanganinya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara pada tanggal 16 November 2012 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
RUU pembentukan Provinsi Kalimantan Utara ini sebelumnya telah disetujui oleh Rapat Paripurna DPR pada 25 Oktober 2012 untuk disahkan menjadi undang-undang (UU). Sejak terbit UU No. 20 Tahun 2012 maka resmi terbentuk Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi ke 34 di Indonesia. Pada tanggal 22 April 2013 Penjabat Gubernur Kalimantan Utara yaitu Irianto Lambrie dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Jakarta.
Tujuan pembentukan provinsi ini adalah untuk mendorong peningkatan pelayanan dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, memperpendek rentang kendali (span of control) pemerintahan, terutama di kawasan perbatasan. Pemerintah Pusat berharap dengan adanya pemerintahan provinsi, permasalahan di perbatasan utara Kalimantan dapat langsung dikontrol dan dikendalikan oleh pemerintah pusat dan daerah. Diharapkan juga dengan adanya Provinsi Kaltara dapat meningkatkan perekonomian warga Kalimantan Utara yang berada di dekat perbatasan dengan negara-negara tetangga.
Pada saat dibentuknya, wilayah Kaltara terbagi 5 wilayah administrasi yang terdiri atas 1 kota dan 4 kabupaten yakni Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung. Seluruh wilayah tersebut sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kalimantan Timur. Berdasarkan bunyi Pasal 7 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012, Kaltara beribukota Tanjung Selor yang berada di Kabupaten Bulungan.

Letak Geografis Kalimantan Utara
Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki luas ± 75.467.70 km², terletak pada posisi antara 114º 35’ 22’ - 118º 03 00’ Bujur Timur dan antara 1º 21’ 36’ - 4º 24’ 55’ Lintang Utara. Selain itu berdasarkan batas kewenangan provinsi, Provinsi Kalimantan Utara diketahui memiliki luas lautan seluas 11.579 km² (13% dari luas wilayah total).

Ekonomi Kalimantan Utara
Perekonomian Kalimantan Utara triwulan II-2019 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)  atas dasar harga berlaku sebesar Rp. 23,67 triliun, sementara berdasarkan PDRB atas dasar harga konstan tahun 2010 sebesar Rp. 15,24 triliun.
Kinerja ekonomi Kalimantan Utara triwulan II-2019 terhadap triwulan II-2018 (y-on-y) tumbuh 7,87 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Konstruksi  sebesar 19,30 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada Komponen Net Ekspor Antar Daerah yang tumbuh sebesar 43,43 persen.
Dibandingkan dengan triwulan I-2019, kinerja ekonomi Kalimantan Utara triwulan II-2019 tumbuh sebesar 1,09 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Listrik dan Gas  sebesar 2,76 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang tumbuh sebesar 59,40 persen.
Secara kumulatif, ekonomi Kalimantan Utara semester 1 tahun 2019 dibandingkan semester 1 tahun 2018 tumbuh sebesar 7,52 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Konstruksi  sebesar 11,90 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada Komponen Net Ekspor Antar Daerah yang tumbuh sebesar 26,02 persen.
Di Pulau Kalimantan, kontribusi ekonomi masih didominasi oleh Kalimantan Timur sebesar 51,90 persen dan terendah Kalimantan Utara sebesar 7,28 persen.

Pemerintahan

Gubernur : Irianto Lambrie
Wakil Gubernur : Udin Hianggio
Sekretaris Daerah : Suriansyah
Ketua DPRD : Nurhayati Andris


Potensi Wisata

•Wisata alam

1) Pantai Tanah Kuning

Image result for pantai tanah kuning
Pantai Tanah Kuning merupakan salah satu obyek wisata alam yang cukup populer. Pantai tersebut berada di Pulau Derawan, tepatnya di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan. Pantai Tanah Kuning  memiliki air yang bersih dan seolah kebiruan menyatu dengan warna langit. 

2) Gunung Putih


Image result for gunung putih
Sesuai namanya, lokasi spot wisata ini berada di Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.Tempat ini sebenarnya adalah gunung kapur. Namun bentuknya yang indah, membuatnya menjadi pilihan masyarakat sekitar untuk berwisata. Apalagi kita bisa mendaki ke puncaknya. 

3) Air Terjun Gunung Rian



Image result for air terjun gunung rian
Air terjun ini terletak di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Mengujungi objek wisata Air Terjun Gunung Rian ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Kalian akan menikmati pemandangan alam yang indah, hutan yang asri, aliran sungai kecil yang jernih, dan pasti akan melihat beragam vegetasi hutan tropis yang membuat kalian betah berlama-lama berada di lokasi ini.



4) Hutan Lindung Sungai Sesayap


Image result for hutan lindung sungai sesayap
Objek Wisata alam di Tanah Tidung ini dapat anda dinikmati dengan berlayar di Sungai Sesayap menggunakan perahu yang disediakan penduduk disana. Keindahan pemandangan alam dan pepohonan rimbun yang tumbuh subur hingga dapat dinikmati disepanjang sungai saat Anda berlayar. Hutan Lindung di Tanah Tidung ini adalah tempat untuk berlindung dan berteduhnya berbagai jenis hewan  yang dilindungi seperti kera, beberapa jenis burung dan hewan lindung lainnya.




•Wisata budaya

1) Situs Peningki Lama


Image result for situs peningki lama
Situs Bukit Peningki Lama memiliki tiga meriam artileri pantai buatan tahun 1902, empat bunker pengintai, dan satu gudang ransum. Situs ini dahulu merupakan basis utama pertahanan Belanda untuk mengawasi jalur laut dan darat memasuki Tarakan dari arah selatan. Diduga ‘benteng’ ini dibangun untuk mengamankan sarana vital Belanda yakni pelabuhan laut dan udara serta tambang minyak dan kota Tarakan


2) Masjid Kasimmudin



Image result for masjid kasimuddin

Masjid Kasimuddin adalah sebuah masjid bersejarah di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara Masjid ini berlokasi di Tanjung Palas Tengah, kecamatan Tanjung Palas. Masjid Kasimuddin didirikan pada waktu pemerintahan Sultan Maulana Muhammad Kasimuddin (1901-1925), Raja Bulongan


•Wisata buatan

1) Museum Roemah Boendar


Image result for museum roemah boendar
Roemah Boendar adalah rumah bekas peninggalan penjajah pada PD II tuh.


2) Taman Berkampung

Image result for taman berkampung
Sesuai dengan namanya, lokasi taman ini berada di Jalan Sei Sesayap, Kelurahan Kampung Empat. Taman ini sudah cukup ramai dikunjungi baik sekadar bersantai menikmati senja, atau bahkan berolahraga ringan seperti jogging.Saat malam, Taman Berkampung tampak lebih indah dan menawan karena dihiasi dengan bermacam-macam lampu berbagai warna.



3) The Bais Hills Pool



Image result for the bais hills pool
Berlokasi di Pantai Amal, East Tarakan, Tarakan City, North Kalimantan

Something to do: di kalimantan utara ini bisa melakukan aktivitas seperti berkuliner, bermain di pantai menikmati sunset, berwisata budaya, dan menjelajahi alam karena kalimantan adalah tempat yang  mempunyai alam yang sangat indah

something to see : memiliki banyak pantai, gunung dan kekayaan alam yang masih alami karena kalimantan merupakan tempat yang mempunyai kekayaan alam yang sangat indah

Something to buy:
1) Abon kepiting soka


Image result for abon kepiting


2) Amplang


Image result for amplang kalimantan



3) Lempok cempedak


Image result for lempok cempedak


4) Kue ciput tarakan


Image result for kue ciput tarakan


5) Tudai


Image result for tudai kalimantan


6) Lawa


Image result for lawa makanan khas kalimantan utara


7) Susu hangat bawang hutan


Image result for susu hangat kalimantan\


8) Kopi Arab


Image result for kopi arab


9) Sate ikan pari




Komentar